Wajahmu Seperti Ladang Minyak Saat Bangun Tidur? Ternyata Ini Penyebabnya

27 February 2019, at 09:00
0
0
Wajahmu Seperti Ladang Minyak Saat Bangun Tidur? Ternyata Ini Penyebabnya

Pernahkah kamu bangun di pagi hari dan menjumpai wajah sudah penuh dengan minyak berlebih? Pasti akan sangat mengejutkan juga menjengkelkan bukan?

Sejatinya, kelenjar kulit akan selalu aktif dalam memproduksi minyak. Namun, bila produksinya berlebih dan membuat wajah seperti kilang minyak, berarti ada sesuatu yang salah.

Penyebab muka berminyak berlebihan pun ternyata banyak sekali faktornya. Nah, supaya selepas tidur kamu bisa dapatkan kulit yang segar, yuk simak pemicu wajah berminyak setelah bangun berikut ini!

1. Tak membersihkan sisa makeup

tak membersihkan makeup membuat wajah berminyak saat bangun
thespruce.com

Penyebab muka berminyak berlebih saat bangun tidur yang pertama adalah tak membersihkan sisa makeup di malam harinya. Aktivitas yang padat sedari pagi, memang terkadang membuat tubuh terasa super lelah dan ingin segera beristirahat.

Namun, meski sudah mengantuk dan malas melakukan apa-apa lagi, tetap sempatkan waktu selama 5 menit saja untuk membersihkan wajah. Sebab, sisa makeup yang masih menempel akan mengganggu proses regenerasi kulit di malam hari.

Akibatnya wajah akan terlihat seperti ladang minyak di pagi harinya, bahkan bisa juga muncul jerawat karena pori-pori tersumbat.

2. Terlalu sering membersihkan wajah

terlalu sering membersihkan wajah membuat muka berminyak
exosupply.com

Membersihkan wajah memang harus dilakukan untuk menghilangkan sisa makeup dan kotoran lainnya. Namun ketika kamu terlalu sering mencuci muka, minyak alami di kulit juga akan terkikis habis.

Nah, kalau sudah begini, kelenjar minyak akan mengartikan kalau kulitmu kekurangan minyak, sehingga sebum justru akan diproduksi lebih banyak lagi.

Sebaiknya jangan mencuci wajah terlalu sering, cukup lakukan ritual ini dua kali sehari di pagi dan malam hari.

3. Kesalahan dalam memilih skincare dan makeup

kesalahan memilih produk kecantikan membuat wajah berminyak
blisssaigon.com

Wajah berminyak saat bangun tidur juga bisa disebabkan oleh skincare atau makeup yang kamu pilih. Mungkin produk kecantikan yang kamu beli ternyata tak cocok dengan kulitmu.

Jadi kamu harus peka dan sering mengamati perubahan pada wajah setelah menggunakan skincare atau makeup yang baru saja dibeli. Kalau kulit jadi semakin berminyak, baiknya hentikan penggunaannya.

4. Jenis kulit yang memang berminyak

jenis kulit berminyak
stylecraze.com

Kondisi dan jenis kulit wajah orang memang berbeda-beda. Salah satunya tipe wajah berminyak.

Produksi sebum yang berlebih saat kamu bangun tidur juga sangat mungkin disebabkan oleh tipe kulitmu yang memang berminyak. Hal ini bisa dipengaruhi juga oleh faktor lingkungan dan keturunan.

Nah, untuk mengatasinya, pastikan untuk rajin membersihkan wajah dan merawatnya menggunakan produk yang diciptakan khusus untuk kulit berminyak.

Baca juga: Pilihan Sunscreen Korea yang Melembabkan dan Cocok untuk Kulit Berminyak

5. Faktor hormonal

faktor hormonal membuat wajah berminyak berlebihan saat bangun tidur
health.com

Sudah rajin membersihkan wajah namun produksi minyak di pagi hari tetap banyak? Hal ini mungkin disebabkan oleh faktor hormonal.

Ya, faktor alami yang berasal dari dalam tubuh ini adalah hal yang wajar terjadi, apalagi di usia remaja dan dewasa awal. Sebab, pada masa ini aktivitas hormona cenderung lebih tinggi dan bisa menyebabkan munculnya sekresi berupa minyak berlebih saat bangun tidur.

6. Sering begadang

begadang membuat wajah berminyak
akamaized.net

Kebiasaan begadang memang banyak efek negatifnya untuk kesehatan maupun kecantikan. Salah satunya bisa membuat wajahmu seperti ladang minyak saat bangun di pagi hari.

Kurangnya asupan tidur dan jadwal istirahat yang tak teratur akan mendorong produksi minyak jadi lebih banyak. Terlebih lagi, begadang bisa menimbulkan jerawat di seluruh wajah lho.

7. Kulit yang dehidrasi

wajah berminyak karena kulit dehidrasi
blogspot.com

Wajah jadi berminyak saat bangun tidur terkadang adalah indikasi bahwa kondisi kulit sedang dehidrasi. Bila sebelum tidur kulitmu terlalu kering, maka kelenjar minyak akan bekerja secara ekstra untuk memproduksi lebih banyak sebum untuk mengganti cairan yang hilang.

Sebagai solusinya, usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya dan jangan lewatkan penggunaan pelembab wajah yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

8. Makanan yang dikonsumsi

makanan yang berminyak membuat wajah berminyak
vox-cdn.com

Kamu pasti pernah dengar, makanan yang dikonsumsi akan sedikit banyak berpengaruh pada kecantikan dan kesehatan kulit. Kondisi muka yang berminyak di pagi hari bisa jadi didalangi oleh asupan yang kamu santap setiap harinya.

Sebab, makanan dengan kadar minyak yang tinggi telah terbukti jadi salah satu faktor penyebab wajah berminyak jadi makin parah. Untuk itu, kurangi konsumsinya dan imbangi dengan sayur juga buah yang menyehatkan bagi kulit.

Nah, sekarang sudah tahu kan penyebab wajah jadi berminyak berlebih saat kamu bangun di pagi hari? Tak perlu merasa aneh dan panik, karena hal ini bisa dipicu oleh kebiasaan buruk yang sering dilakukan sehari-hari.

0 Comment