Wajarkah Apabila Bayi Mudah Kaget? Ini Lho Bunda Jawabannya

04 November 2019, at 20:00
0
0
Wajarkah Apabila Bayi Mudah Kaget? Ini Lho Bunda Jawabannya

Bunda, pernahkah kamu melihat si kecil mudah kaget? Pada dasarnya, hal tersebut memang wajar dan biasa dialami oleh bayi.

Kaget merupakan reaksi refleks yang bersifat normal dan harus dimiliki oleh si kecil. Akan tetapi, hal tersebut seharusnya berkurang sejalan dengan semakin bertambahnya usia anak.

Lantas, apa sih sebenarnya yang menyebabkan bayi mudah kaget? Bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Sebagai orang tua, kamu harus mengetahui hal-hal di bawah ini.

Penyebab Bayi Mudah Kaget

penyebab bayi kaget
marmaragazetesi.com

Pada dasarnya, penyebab bayi mudah kaget sangat beragam. Beberapa diantaranya merupakan hal yang normal, akan tetapi ada juga yang nggak normal. Agar bisa tahu secara pasti, Bunda harus menelusuri kebiasaan dan perilaku buah hati.

Kaget merupakan keadaan refleks yang timbul sebagai upaya si kecil yang baru lahir untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Hal tersebut biasa disebut sebagai refleks moro yang sudah ada sejak bayi baru lahir.

bayi mudah kaget
id.theasianparent.com

Bayi akan kegat saat mendengar suara yang dianggap asing. Kondisi tersebut merupakan hal wajar bagi bayi yang baru lahir sampai berusia 4 bulan.

Secara nggak langsung, hal ini juga menunjukkan bahwa otot-otot refleks dan pendengaran si kecil berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, Bunda nggak perlu khawatir dan justru harus waspada apabila si kecil nggak menunjukkan refleks moro.

Baca Juga: Bayi Suka Main Ludah? Ternyata Ada Manfaatnya Lho

Cara Mengatasi Bayi Mudah Kaget

bayi kaget
familieklubben.no

Meskipun bukan sesuatu yang mengkhawatirkan, namun Bunda bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk mengatasi bayi yang mudah kaget.

  • Saat akan memindahkan bayi dari gendongan ke tempat tidur, dekatkan dahulu si kecil dengan tubuh Bunda sehingga ia merasa lebih nyaman dan lepaskanlah saat buah hati sudah benar-benar menyentuh tempat tidur.

ibu dan anak
axaglobalhealthcare.com
  • Apabila menyusui, berbaringlah bersama bayi agar ia merasa lebih nyaman dan Bunda bisa ikut beristirahat.
  • Bunda bisa membendong si kecil dengan rapat agar buah hati merasa nyaman dan aman agar nggak keget-kagetan.

Jika Sobat Qupas tetap merasa khawatir apabila si kecil terlalu mudah kaget atau bahkan kurang reaktif, jangan ragu untuk segera berkonsultasi kepada dokter ahli perkembangan anak ya!

0 Comment