Wajib Dicoba! Ini 5 Permainan yang Bisa Mengasah Kreativitas Anak

21 November 2019, at 17:00
0
0
Wajib Dicoba! Ini 5 Permainan yang Bisa Mengasah Kreativitas Anak

Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak jenis permainan anak yang canggih dan menyenangkan. Maka dari itu, semakin banyak pula anak-anak yang pandai mengoperasikan gawai dan suka memainkan game digital.

Meskipun demikian, ada baiknya apabila orang tua tetap melengkapi jenis permainan buah hati dengan yang spontan, simpel, dan nggak perlu melibatkan teknologi seperti berikut ini. Bisa mengasah kreativitas anak lho!

1. Bermain Peran atau Khayalan

permainan anak
patch.com

Permainan anak menyenangkan yang satu ini nggak membutuhkan perlengkapan khusus dan dapat dimainkan kapan saja serta dimana saja. Orang tua bisa mengajak anak untuk berpura-pura menjadi penyanyi, guru, dokter, pedagang dan lain sebagainya.

Kamu bisa mengajak anak berprikir kreatif dan berimajinasi tentang benda-benda di sekitarnya dan mengubahnya menjadi sesuatu yang sesuai dengan peran yang dimainkan.

2. Permainan Membangun Sesuatu

permainan kreativitas anak
romper.com

Jenis permainan membangun sesuatu juga dapat menjadi salah satu yang bisa kamu manfaatkan untuk mengasah kreativitas dalam diri buah hati.

Orang tua bisa memanfaatkan lego, dough, atau tanah liat dan membiarkan si kecil berkreasi untuk membuat sesuatu yang ada di imajinasi mereka.

3. Menyusun Kata

anak kreatif
woochess.com

Menyusun kata juga merupakan salah satu permainan simpel dan spontan yang dapat mengasah daya kreativitas anak. Nggak membutuhkan alat, jenis permainan ini akan asyik apabila dimainkan bersama-sama.

Ajaklah anak dan teman-temannya untuk duduk melingkar. Mulailah menyebutkan sebuah kata yang harus dilanjutkan oleh masing-masing anak secara berurutan dan bermakna.

Secara nggak langsung, anak-anak akan menunjukkan sisi kreatif mereka sekaligus belajar mengingat dan menambah kosa-kata baru.

Baca Juga: Punya Mainan Sedikit Bikin Anak Lebih Kreatif, Kok Bisa Ya?

4. Menggambar dan Mewarnai

permainan kreativitas
littlepassports.com

Menggambar dan mewarnai merupakan dua aktivitas yang mungkin sudah biasa dilakukan oleh anak-anak. Disadari atau nggak, kegiatan tersebut bisa meningkatkan kreativitas si kecil lho.

Nggak membutuhkan alat yang banyak, cukup kertas dan pensil warna atau krayon saja. Kamu pun bisa membiarkan buah hati menggambar dan mewarnai sesuai dengan keinginan mereka.

Hal tersebut juga akan membuat si kecil menambah wawasannya dengan bentuk dan warna.

5. Tebak Benda dalam Kantong

permainan anak kreatif
shutterstock.com

Permainan kreatif yang satu ini nggak membutuhkan banyak alat spesifik. Kamu hanya perlu menyiapkan sebuah kantong yang nggak tembus pandang.

Cobalah untuk menguji daya ingat dan kreativitas si kecil dengan memasukkan sebuah benda ke dalam kantong dan mintalah si kecil untuk menebak apa yang terdapat di dalamnya.

Ada banyak permainan yang dapat mengasah kreativitas anak lho Sobat, 5 diantaranya sudah disebutkan di atas. Simpel dan menyenangkan, bukan?

0 Comment