Wajib Tahu! Inilah 8 Cara Jitu Untuk Mempercepat Koneksi Internet di Androidmu

08 October 2018, at 10:40
0
0
Wajib Tahu! Inilah 8 Cara Jitu Untuk Mempercepat Koneksi Internet di Androidmu

Kecepatan koneksi internet adalah hal utama bagi para pengguna smartphone. Tanpa internet, ponsel pintar tidak akan berguna.

Tapi terkadang saat kita asyik bermain game online, streaming film, dan beraktivitas di media sosial, internet tiba-tiba menjadi lemot. Kamu pasti emosi dan menyalahkan provider bukan?

Padahal selain layanan internet yang digunakan, ada beberapa hal yang bisa membuat koneksi internet jadi lambat lho. Nah untuk itu, Qupas akan memberikan 8 cara jitu untuk mempercepat koneksi internet di Androidmu. Simak langsung ya!

1. Menghapus Cache

tampilan menghapus cache pada android
vietnammoi.vn

Cache adalah rekaman data yang telah di akses dari berbagai aplikasi yang ada di hp. Semakin sering aplikasi digunakan, cache ini akan menumpuk dan bisa mempengaruhi kecepatan koneksi internet.

Maka dari itu, jangan malas buat membersihkan cache. Bagi kamu yang belum tahu, caranya adalah:

- masuk ke menu setting

- pilih manajer aplikasi

- pilih aplikasi yang akan dihapus cache-nya

- clear cache

Setelah itu lakukan hal yang sama pada aplikasi yang lain. Dijamin, koneksi internet kamu bakalan lebih cepat dari sebelumnya.

Baca juga: 5 Aplikasi Penghemat Kuota Internet, Pahlawan Penyelamat isi Dompet

2. Setting Mode Jaringan

setting mode jaringan 4G pada android
gadgethacks.com

Mode jaringan otomatis bisa mempengaruhi kecepatan koneksi internet. Sebab, dalam mode ini hp kamu akan aktif melakukan reload mencari jaringan yang pas di sekitarmu.

Maka dari itu lebih baik untuk diatur secara manual. Bila di tempatmu sudah mendukung sinyal 4G, langsung saja pilih ‘4G only’.

3. Mematikan Auto-sync Data

tampilan auto-sync data pada android
phoneyear.com

Auto-sync adalah sebuah fitur yang secara otomatis memberikan update terbaru dari sebuah aplikasi yang ada di hp. Sebagai contoh, saat auto-sync pada akun gmail aktif, maka data di hp akan terus update dan email yang baru masuk bisa langsung dilihat.

Nah update yang sifatnya realtime ini bisa membuat koneksi internet jadi lambat. Untuk mematikan auto-sync ini bisa dilakukan dengan cara:

- masuk ke menu setting

- pilih data & backup

- pilih accounts

- matikan auto-sync data

4. Menutup Aplikasi yang Tidak Dipakai

tampilan aplikasi yang aktif pada android
blogspot.com

Pengguna smartphone sering kali tidak sadar membiarkan banyak aplikasi aktif, tanpa ditutup dengan benar. Padahal ini bisa berpengaruh pada kecepatan internet.

Banyaknya aplikasi yang terbuka akan membuat kinerja RAM semakin berat. Hal ini akan memperlambat performa hp juga koneksi internet kamu.

5. Memblokir Iklan

aplikasi adblocker untuk android
venturebeat.com

Terkadang koneksi internet jadi lemot bukan disebabkan operator yang buruk atau performa hp. Tetapi karena keberadaan iklan saat kita browsing.

Iklan bisa menyita kecepatan dan kuota internet 80% lebih banyak lho. Untuk menyiasati itu kamu bisa instal aplikasi Adblocker yang ada di Play Store. 

6. Pilih Browser Tercepat

pilihan browser untuk android
droid-life.com

Pemilihan browser juga bisa mempengaruhi kecepatan internet. Untuk koneksi yang lebih optimal, kamu bisa menggunakan Google Chrome.

Alasannya, browser ini memiliki fitur googleweblight yang bisa mengompres data hingga 80% saat koneksi internet sedang lambat. Pilihan lain selain itu, kamu bisa menggunakan browser yang ringan dan cepat seperti Operamini.

7. Menginstal Aplikasi untuk Mempercepat Koneksi Internet

aplikasi untuk mempercepat koneksi internet
topappslike.com

Saat ini ada banyak aplikasi yang akan membantu kamu menghindari koneksi internet yang lamban. Aplikasi ini akan melakukan optimasi, salah satunya dengan cara membersihkan RAM dan cache sehingga aktivitas browsing menjadi prioritas di sistem Android.

Banyak pilihan aplikasi untuk mempercepat koneksi internet yang bisa kamu dapatkan di Play Store. Pastikan untuk menginstal yang memiliki rating bagus. 

Baca juga: Wah, Mantan CEO Google Prediksi 10 Tahun Lagi Internet Akan Seperti ini

8. Menginstal Aplikasi VPN

aplikasi opera vpn
techsoupdaily.com

Aplikasi yang satu ini memiliki cara kerja yang berbeda dengan poin 7 sebelumnya. Aplikasi VPN berfungsi untuk mengubah alamat IP kamu dengan VPN lain yang memiliki koneksi internet lebih cepat.

Selain bisa membebaskan kamu dari koneksi yang lelet, VPN juga bisa membuka situs yang diblokir pemerintah lho.

Nah itulah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat koneksi internet di smartphone Android kamu. Kamu bisa bebas streaming, main game online, atau media sosial tanpa khawatir nunggu loading. Selamat mencoba!  

0 Comment