Waspada! 5 Masalah Kesehatan Ini Sering Menyerang Pasca Lebaran

06 June 2019, at 00:00
1
0
Waspada! 5 Masalah Kesehatan Ini Sering Menyerang Pasca Lebaran

Saat mendengar kata lebaran, apa yang terlintas dalam benakmu? Mungkin kamu akan langsung membayangkan hiruk-pikuk keramaian saat bersilaturahmi bersama dengan orang-orang yang kamu kenal.

Eits, tapi lebaran nggak hanya tentang silaturahmi lho. Ada sisi lain yang menarik, salah satunya yaitu makanan atau jajanan khas hari raya Idul Fitri tersebut.

Setelah menjalankan ibadan puasa selama satu bulan, kebanyakan orang nggak bisa menahan keinginan untuk makan sebanyak-banyaknya. Padahal, hal tersebut nggak baik lho buat kesehatan.

Baca Juga: Dari yang Ringan Hingga Parah, Ini 8 Penyakit yang Sering Menyerang Anak Kos

Kamu harus tetap menjaga pola makan kalau nggak ingin terkena 5 masalah kesehatan yang biasanya menyerang setelah lebaran berikut ini.

1. Diare

diare
honestdocs.id

Diare merupakan salah satu penyakit khas yang dapat kamu alami saat atau setelah lebaran. Hal tersebut dapat terjadi apabila makanan yang kamu konsumsi ternyata sudah terkontaminasi bakteri, virus, atau penyakit.

Oleh sebab itu kamu sebaiknya bisa mengatur dan memilah mana yang sebaiknya kamu makan atau nggak karena pada momen tersebut kamu akan menemui banyak orang.

sakit perut
perhora.com

Masalah kesehatan tersebut ditandai dengan kram di perut, intensitas buang air besar yang bertambah disertai dengan fases yang cair, badan lemas, hingga demam.

Meskipun terlihat sepele, namun diare juga bisa menyebabkan penderinya berada pada kondisi yang serius karena mengalami dehidrasi parah.

2. Maag

maag
honestdocs.id

Maag juga merupakan masalah kesehatan yang berpotensi kambuh saat lebaran atau setelahnya. Pasalnya, pola makan sudah berubah saat berpuasa sejak satu bulan sebelumnya. Sehingga lambung akan kaget apabila kamu nggak mengatur pola makan secara tepat.

Penderita maag biasanya lupa dan menyantap apapun makanan yang tersedia. Termasuk menu-menu yang mengandung santan, pedas, berminyak, dan lain sebagainya yang berpotensi membuat maag kambuh.

mual
hellosehat.com

Bukannya nggak boleh, tetapi ada baiknya jika penderita maag perlu mengatur waktu dan porsi makanan yang dikonsumsi.

Jika nggak, siap-siap saja kamu merasakan nyeri di perut dan ulu hati, sering bersendawa atau begah, mual, dan bahkan muntah.

3. Naiknya Gula Darah

gula darah
medicalnewstoday.com

Makanan dan minuman manis yang melimpah saat lebaran memang nggak bisa dilewatkan begitu saja. Akan tetapi, kamu sebaiknya ingat untuk nggak mengonsumsinya secara berlebihan karena bisa menaikkan gula darah.

Nggak hanya itu, kebiasaan lain seperti begadang, merokok, dan melewatkan sarapan ternyata juga  bisa memperparah kondisi tersebut lho.

Baca Juga: Ajaib! 8 Bahan Alami Ini Bisa Turunkan Kadar Gula Darah Lho

4. Kolesterol

kolesterol
smartdetoxplus.net

Makanan khas lebaran yang mengandung banyak lemak dan bersantan seperti opor ayam bisa membuatmu mengalami kenaikan kadar kolesterol setelah lebaran lho.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika kamu mengatur porsi agar nggak terlalu banyak. Selain itu, kamu juga perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi buah dan sayuran serta berolahraga ringan.

5. Serangan Jantung

serangan jantung
hellosehat.com

Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan serangan jantung mendadak. Hal ini bisa terjadi karena pasokan darah ke jantung terhambat oleh penggumpalan darah atau tumpukan lemak.

Nggak mau kan momen lebaran yang seharusnya membahagiakan menjadi penuh dengan duka? Oleh sebab itu, sebaiknya hindari makanan berlemak, berminyak, mengandung banyak gula, dan hentikan kebiasaan merokok.

Nah, itu dia Sobat Qupas 5 masalah kesehatan yang dapat menyerangmu saat atau setelah merayakan lebaran. Jangan kalap dan makan apapun yang ada di meja, ya!

0 Comment