Selama ini kita tahu, bahwa buah-buahan seringkali disarankan untuk dikonsumsi demi alasan kesehatan. Meski demikian, mengonsumsi buah tidak bisa sembarangan, sebab jika terkontaminasi, buah justru dapat menimbulkan gangguan kesehatan, bahkan dapat berujung pada kematian seperti yang sempat terjadi di beberapa waktu lalu di Australia.

Kondisi ini berawal saat buah melon impor jenis rock melon asal Australia tersebut telah menyebabkan tiga orang meninggal dan 12 orang lainnya dirawat di rumah sakit akibat terjangkit wabah bakteri Listeria. Bakteri Listeria monocytogenes terbilang berbahaya karena dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal, terutama pada ibu hamil dan janin, anak-anak, orang lanjut usia, serta orang yang sedang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

 

biocote.com

 

Bakteri Listeria telah diklasifikasikan sebagai bakteri gram positif yang diduga sangat kuat dan tahan terhadap panas, asam, serta garam. Bakteri yang umumnya ditemukan di tanah, air, dan kotoran hewan ini juga tahan pembekuan dan dapat tetap berkembang pada suhu 0,4ºC- 45 ºC dengan suhu perkembangan optimal 37ºC. Artinya, makanan yang telah disimpan dalam lemari pendingin sekalipun masih dapat mengandung bakteri Listeria hidup. Karena itulah, akhirnya, pemerintah Indonesia melalui Departemen Kesehatan menghentikan mengimpor melon jenis tersebut sebelum terjadinya gangguan kesehatan yang mengancam hilangnya nyawa tersebut.

Meski pada orang sehat hanya memberi gejala dalam jangka pendek, tetapi bakteri yang terbilang berbahaya ini dapat menyebabkan terjadinya infeksi yang disebut sebagai listeriosis ini dapat muncul kapanpun pada rentang waktu 3 hingga 70 hari setelah terinfeksi. Umumnya, penderita akan mengalami gejala yang meliputi sakit kepala, leher kaku, bingung, dan kehilangan keseimbangan.

Sedangkan pada wanita hamil dapat menimbulkan risiko berbahaya bagi janin yang dikandungnya seperti keguguran, persalinan prematur, atau infeksi serius yang mengancam jiwa bayi yang baru lahir. Sementara itu pada orang yang kekebalan tubunya lemak dan lansia, infeksi bakteri Listeria dapat menyebar melalui peredaran darah dan menyebabkan gangguan kesehatan lebih serius seperti meningitis maupun ensefalitis.

Oleh karena itu, sebaiknya waspadai bahaya gejala-gejala listeriosis jika mengalami gejala di atas setelah mengonsumsi buah. Segera kunjungi dokter agar mendapat penanganan dan tindakan yang tepat.

 

0 Comment