Waspada Flu Singapura, Kenali 6 Tanda-Tandanya Berikut ini!

18 September 2018, at 02:25
0
0
Waspada Flu Singapura, Kenali 6 Tanda-Tandanya Berikut ini!

Tahukah kamu kalau belakangan ini ada jenis flu baru yang mulai mengancam warga Indonesia? Flu tersebut memiliki nama yang sedikit unik, yaitu flu Singapura. Bagi pegiat dunia kesehatan tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis flu yang satu ini. Namun, tidak dengan orang awam.

Sebab, walau namanya telah mendunia, masih saja banyak orang yang salah mengartikan flu ini karena gejala yang ditimbulkan memang tidak seperti flu pada umumnya, tapi lebih menyerupai cacar.

flu singapura
momma.id

Untuk namanya sendiri, penyakit ini diberi nama flu Singapura karena pada tahun 2000 lalu pernah mewabah secara besar-besaran di Singapura. Biasanya yang terserang flu ini adalah balita dan anak kecil. Namun, orang dewasa pun bisa terjangkit juga jika sistem imun melemah.

Karena kabarnya flu Singapura mulai mewabah lagi ke beberapa daerah ASEAN, termasuk Indonesia, sebaiknya kamu mengetahui apa saja tanda-tandanya sebelum terlambat. Sebab, flu ini memang terkesan seperti flu biasa, namun ketika dibiarkan begitu saja bisa membuat kondisi tubuh semakin memburuk.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa tanda-tanda flu Singapura yang harus kamu ketahui.

Baca Juga : 8 Gejala Demam Berdarah yang Sering Tidak Disadari

1. Demam Tinggi

demam
idntimes.com

Pertama-tama, flu Singapura yang menyerang akan membuat anak mengalami demam yang cukup tinggi, bahkan suhunya mencapai 38 derajat celcius. Kalau demam biasa, normalnya akan membaik dalam 3 hari. Namun, kalau demam yang disebabkan oleh flu Singapura bisa bertahan sampai seminggu, bahkan lebih.

2. Nafsu Makan Menurun

tidak nafsu makan
merries.co.id

Tanda yang satu ini sebenarnya hampir sama dengan tanda penyakit lainnya. Ketika anak mengalami demam tinggi dalam waktu lama dan nafsu makan menurun tiba-tiba, bisa jadi anak mengalami flu Singapura. Alangkah lebih baik jika segera mengunjungi dokter untuk diagnosa lebih lanjut sebelum terlambat.

3. Tenggorokan Sakit

sakit tenggorokan
baca.co.id

Selanjutnya, anak akan mengalami rasa sakit pada tenggorokan. Sakit ini akan terasa sangat menyiksa. Bahkan, setiap ada makanan atau minuman yang masuk, akan dikeluarkan lagi karena rasa sakit yang luar biasa. Hal itu dikarenakan virus yang mulai menimbulkan peradangan.

4. Muncul Bintik Merah

Nah, tanda inilah yang paling penting dan harus diperhatikan. Flu Singapura memiliki tanda khusus, yakni muncul bintik-bintik merah pada tubuh. Kebanyakan orang menganggapnya cacar, padahal bukan. Walau bintik itu bisa menyerang semua bagian tubuh, tapi biasanya akan lebih sering muncul pada bagian telapak, seperti telapak kaki dan tangan.

5. Muncul Ruam

flu singapura
sorotmedianusantara.com

Selain bintik merah, kadang juga anak akan mengalami ruam berwarna kemerahan pada beberapa bagian tubuh. Umumnya, ruam ini akan berada pada bokong, paha, leher, dan tangan. Ruam ini tidak jelas kemunculannya dan tanpa ada tanda-tanda apapun. Tiba-tiba muncul dan memerah dengan sendirinya.

6. Nyeri Perut

flu singapura
orami.co.id

Kalau flu pada umumnya cuma memberikan efek pilek, kepala pusing, dan batuk. Tapi kalau flu Singapura memberi efek yang cukup aneh, seperti nyeri pada perut. Nyeri ini akan semakin menjadi-jadi ketika anak batuk dan terjadi tekanan pada perut. Kalau anak merasakan hal ini, maka sebaiknya segera pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Nah, itulah beberapa tanda-tanda flu Singapura yang harus diwaspadai dari sekarang, ya!

0 Comment