Waspada, Inilah 8 Penyebab Sakit Pinggang yang Jarang Kamu Sadari

12 September 2018, at 01:39
0
0
Waspada, Inilah 8 Penyebab Sakit Pinggang yang Jarang Kamu Sadari

Pernahkah kamu mengalami sakit pada pinggang? Kalau pernah, pasti rasanya cukup menyakitkan, bukan? Selain menyakitkan, sakit pinggang juga akan memberikan rasa tidak nyaman sehingga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebab, ketika sakit pinggang, ruang gerakmu akan terbatas. Salah gerak sedikit saja bisa membuat rasa sakit yang teramat sangat. Sehingga kamu hanya bisa melakukan satu atau dua posisi saja dalam waktu lama. Tentu saja hal itu cukup membosankan dan membuat tubuh lebih mudah pegal.

sakit pinggang
cloudfront.net

Setiap orang yang mengalami sakit pinggang selalu mengeluhkan hal tersebut. Dan juga, sakit pinggang biasanya akan berlangsung beberapa hari. Untuk meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan, biasanya kebanyakan orang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Padahal, mengonsumsi obat-obatan bukanlah hal yang baik dalam jangka panjang. Ketika sakit pinggang itu sering datang, apakah kamu akan mengonsumsi obat secara sering juga? Oleh karenanya, lebih baik kamu mengetahu apa saja penyebab sakit pinggang agar bisa mengantisipasinya sejak awal.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa penyebabnya.

Baca juga : Setelah Makan Jangan Langsung Tiduran, Ini Bahayanya Untuk Tubuhmu

1. Duduk Terlalu Lama

duduk terlalu lama
pexels.com

Bukan menjadi hal yang aneh lagi jika kebiasaan orang saat ini adalah duduk terlalu lama menghadap layar komputer. Oleh karenanya, sebagai seorang pegawai kantoran, alangkah baiknya kamu tidak terlalu monoton pada satu gerakan yang monoton dalam waktu lama. Lakukanlah gerakan ringan, seperti berdiri, peregangan, atau bahkan berjalan agar pinggang menjadi lebih rileks  sehingga otot tidak tegang.

2. Aktivitas Melelahkan

sakit pinggang
obatginjaljakarta.com

Jika kamu adalah seorang yang memiliki rutinitas padat, maka sebaiknya kamu perhatikan porsi istirahatmu. Sebab, bagaimanapun juga tubuh tidak bisa dipaksakan untuk beraktivitas. Ketika tubuh sudah lelah dan kamu tetap memaksakannya, maka akan terjadi kontraksi otot yang sangat kuat dan itulah salah satu yang menjadi penyebab terjadinya sakit pinggang.

3. Salah Teknik Olahraga

sakit pinggang
sites.google.com

Olahraga memang sangat baik bagi kesehatan. Tapi jika dilakukan dengan tidak benar atau berlebihan, maka olahraga bisa menjadi masalah bagi tubuh, salah satunya adalah sakit pinggang. Oleh karenanya, jangan pernah melakukan teknik yang belum kamu kuasai tanpa ada arahan dari pembimbing. Sebab, sudah banyak terjadi, kesalahan teknik dalam olahraga bisa menyebabkan cedera otot yang serius, terutama bagi pinggang.

4. Perubahan Struktur Tulang

sakit pinggang
selecciones.com

Hal lain yang menyebabkan terjadinya sakit pada tulang juga karena terjadinya perubahan struktur. Hal ini bisa diawali oleh berbagai macam faktor, misalnya salah posisi tidur ataupun kecelakaan (benturan) pada tulang yang tidak kamu sadari sebelumnya. Ketika struktur tulang sudah berubah, maka tulang pun akan bergesekan sehingga menimbulkan rasa sakit dan nyeri yang luar biasa.

5. Risiko Penyakit Tulang

sakit pinggang
serempak.id

Sakit pinggang yang sering datang tanpa sebab memiliki kemungkinan bahwa kamu sedang menderita penyakit tulang. Banyak pakar yang mengatakan bahwa osteoporosis tahap awal bisa ditandai dengan terjadinya nyeri pada beberapa bagian tulang belakang, salah satunya pinggang. Jika kamu merasakan hal ini maka sebaiknya kamu segera berkunjung ke dokter sesegera mungkin untuk penanganan lebih lanjut.

6. Pembentukan Tumor

sakit pinggang
shopmattressmart.com

Kalau urusan yang satu ini memang cukup mengerikan. Tapi sakit pinggang yang muncul secara terus-menerus juga bisa disebabkan oleh tumor. Kemunculan tumor ini biasanya dibarengi dengan demam dan rasa nyeri yang sangat kuat pada sekitar pinggang, bahkan sampai perut. Jika kamu mengalami hal serupa, jangan pernah disepelekan dan segera pergi ke dokter.

7. Tanda Kehamilan

sakit pinggang
merries.co.id

Bagi wanita, khususnya yang baru menikah, ternyata sakit pada pinggang juga merupakan kabar baik. Sebab, beberapa orang memercayai bahwa sakit pinggang bisa menjadi indikasi tanda awal kehamilan. Jadi, ketika kamu merasa tubuh sedang baik-baik saja, namun pinggang tiba-tiba sering sakit, segeralah pergi ke dokter untuk memastikannya. Bisa jadi kamu sedang dalam masa kehamilan awal.

8. Postur Tubuh

postur tubuh
healthline.com

Penyebab sakit pinggang yang terakhir adalah postur tubuh. Yap, ketika kamu memiliki postur tubuh yang buruk, misalnya terlalu kurus atau terlalu gemuk. Sebab, ketika postur tubuhmu buruk, tulang menjadi lebih susah dalam pembentukan sehingga strukturnya akan berubah.

Selain itu, postur tubuh yang tidak ideal juga bisa menyebabkan penyerapan nutrisi pada tulang menjadi tidak maksimal. Oleh karenanya, jaga postur tubuhmu dengan mengonsumsi makanan sehat, olahraga, dan perbaiki kualitas istirahat.

Nah, itulah beberapa penyebab sakit punggung yang perlu kamu waspadai agar terhindar dari beberapa risikonya yang cukup mengkhawatirkan.

0 Comment