Waspada, Inilah Penyakit Hewan Ternak Berbahaya yang Mudah Menular ke Manusia

01 December 2018, at 09:00
3
0
Waspada, Inilah Penyakit Hewan Ternak Berbahaya yang Mudah Menular ke Manusia

Beternak hewan sudah biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Beberapa yang umumnya dikembangbiakkan adalah unggas, sapi, kambing, dan ikan.

Selain untuk dikonsumsi sendiri, beternak hewan bisa mendatangkan keuntungan yang melimpah. Namun di sisi lain, usaha ini bisa berpotensi menjadi sumber penyakit yang cukup berbahaya.

Sebab, ada beberapa penyakit ternak yang mudah menular ke manusia. Berikut ini diantaranya.

1. Flu Burung

kasus flu burung
voanews.com

Kasus flu burung begitu marak di Indonesia beberapa tahun silam. Tentunya kamu sudah familiar dengan penyakit mematikan ini.

Flu Burung (Avian Influenza) disebabkan oleh virus H5N1 yang menyebar antar unggas. Namun tak berhenti di situ, penyakit ini juga mudah menular dari unggas ke mamalia lain termasuk manusia. 

Penularannya bisa melalui kontak langsung dengan unggas yang sakit. Baik dari kotoran, cairan, serta dagingnya. Selain itu, bisa juga karena menghirup udara yang mengandung virus.

ilustrasi gejala flu
purch.com

Seseorang yang terjangkit penyakit ini akan menunjukkan gejala yang beragam. Umumnya diawali dengan munculya tanda-tanda flu biasa. Setelah itu akan berkembang menjadi gangguan pernapasan yang bisa mematikan.

Kasus flu burung pada manusia pertama kali dilaporkan pada tahun 2005. Sejak saat itu, korban virus H5N1 ini terus bertambah dan terjadi di beberapa dunia.

Parahnya lagi, Indonesia dinyatakan sebagai negara dengan jumlah korban flu burung terbanyak di dunia.

Baca juga: Pria ini Alami Penyakit Aneh yang Diduga karena Kucing Peliharannya

2. Brucellosis

penyakit brucellosis pada sapi
agro-olam.uz

Brucellosis adalah penyakit hewan menular yang umumnya menyerang sapi dan kambing. Hewan yang terjangkit bakteri Brucella akan mengalami keguguran, menurunnya produksi susu, dan pembengkakan pada persendian di bagian lutut.

Penyakit ini mudah menular ke manusia apabila mengonsumsi daging yang telah terkontaminasi dengan bakteri. Brucella yang bisa keluar bersama dengan susu, urine, dan cairan dari tubuh hewan lainnya juga menambah risiko penularan ke manusia.

gejala keguguran
viral42.com

Kepala Seksi Kesehatan Hewan BKP Kelas I Bandar Lampung, Puji Hartono menyatakan bahwa manusia yang tertular penyakit ini bisa mengalami gejala yang sama seperti pada sapi. Yakni akan sulit hamil karena mengalami keguguran terus menerus.

Di samping itu, tanda-tanda umum yang muncul pada manusia apabila terjangkit bakteri Brucella diantaranya:

  • Tubuh menjadi lemas
  • Pusing atau demam
  • Nafsu makan dan berat badan menurun
  • Sakit pada punggung dan persendian

Bahkan pada kasus tertentu, bisa ditemukan adanya pembesaran organ hati dan limpa. Karena seperti yang diketahui, bakteri ini khususnya menyerang organ-organ dalam pada sapi.

3. Taeniasis

orang yang memakan daging mentah
japantimes.2xx.jp

Taeniasis adalah infeksi yang disebabkan oleh cacing pita yang berasal dari babi (Taenia solium) maupun dari sapi (Taenia saginata). Manusia yang rentan terjangkit penyakit ini adalah mereka yang sering mengonsumsi daging yang kurang matang atau mentah.

Konsumsi daging sapi atau babi yang berisi larva cacing pita akan membuatnya berkembang biak di beberapa bagian tubuh. Misalnya saja usus, otot, kulit, mata, bahkan sistem saraf pusat.

lelaki yang pusing
medicalnewstoday.com

Gejala yang muncul bila terkena infeksi cacing pita pada usus adalah mual, pusing, nafsu makan menurun, diare, dan iritasi di sekitar anus.

Cacing pita yang berkembang dan mendiami susunan saraf pusat pada otak bahkan bisa menyebabkan seseorang terkena epilepsi, meningitis, dan demensia.

Yang paling mengkhawatirkan adalah, keberadaan cacing pita ini bisa berpindah-pindah. Komplikasi yang disebab cacing pita bahkan bisa menghambat fungsi organ dan menyebabkan kematian.

Nah, itulah beberapa penyakit hewan ternak berbahaya yang mudah menular ke manusia. Supaya terhidar dari risiko penyakit mematikan tersebut, penting untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan hewan.

Lebih baik lagi berikan vaksin dan periksakan kesehatan hewan ternak secara rutin.

0 Comment