Waspada, Inilah Penyakit yang Sering Menyerang Pramugari

05 November 2018, pada 10:10
0
0
Waspada, Inilah Penyakit yang Sering Menyerang Pramugari

Insiden jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 masih menyisakan luka dan pilu bagi sebagian orang, terutama keluarga korban. Namun, sampai saat ini tim gabungan Basarnas, TNI, dan Polri masih terus melakukan evakuasi di perairan Karawang, Jawa Barat.

Dalam peristiwa mengerikan yang terjadi pada tanggal 29 Oktober 2018 ini memang cukup memberi rasa takut dan khawatir bagi semua pihak, baik penumpang maupun orang yang kerjanya mengudara seperti pilot dan pramugari.

Waspada, Inilah Penyakit yang Sering Menyerang Pramugari
flickr.com

Memang benar, menjadi seorang pramugari adalah impian kebanyakan orang. Sebab, selain memiliki jenjang karir bagus, seorang pramugari juga berkesempatan keliling dunia sambil bekerja.

Namun, tahukah kamu kalau pramugari juga memiliki risiko yang akan dialami kapan saja? Selain risiko terjadinya kecelakaan pesawat, ternyata pramugari juga rentan dengan penyakit.

Dihimpun dari berbagai sumber, seseorang yang bekerja sebagai pramugari sangat rentan mengalami jet lag atau perubahan waktu biologis dalam tubuh akibat sering mengalami perbedaan zona waktu. Ketika seseorang mengalami jet lag, maka kondisi tubuhnya perlu adaptasi ulang dengan kebiasaan baru.

Baca juga: Sering Mual Saat Olahraga? Jangan-Jangan Kamu Alami Gangguan ini!

Waspada, Inilah Penyakit yang Sering Menyerang Pramugari
pexels.com

Apa risiko dari jet lag? Tentu saja ada sejumlah risiko, salah satunya adalah mengacaukan ritme sirkadian tubuh yang akhirnya membuat sistem kekebalan menurun. Bahkan, yang mengerikan lagi kondisi ini juga bisa mengganggu metabolisme sel-sel di dalam tubuh yang memicu terjadinya kanker.

Lantas, bekerja pada ketinggian juga akan membuat seseorang lebih sering terpapar radiasi yang menyebabkan terjadinya kerusakan DNA. Maka banyak pakar yang menyebutkan jika risiko terbesar adalah kanker kulit non melanoma serta kanker payudara.

Waspada, Inilah Penyakit yang Sering Menyerang Pramugari
flickr.com

Namun walau memiliki risiko yang cukup mengerikan ini, tak lantas membuat semua pramugari harus waspada. Sebab semua kemungkinan tersebut masih bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Tidak lupa pula untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas tidur. Dan yang terakhir, usahakan untuk berolahraga di sela-sela waktu luang agar metabolisme tubuh tetap terjaga dengan baik.

0 Komentar