Waspada Kanker pada Anak, Bunda Wajib Kenali 4 Gejala ini

29 November 2018, at 01:00
1
0
Waspada Kanker pada Anak, Bunda Wajib Kenali 4 Gejala ini

Tidak ada penyakit atau gejala sepele ketika berkaitan dengan anak. Begitu pula saat tanda-tandanya berkaitan dengan sakit kanker.

Setiap tahunnya, ada 100 penderita kanker baru dari 100.000 penduduk, di mana 2 persen penderitanya adalah anak-anak.

Bahkan berdasarkan data, penyakit kanker menjadi penyebab kematian kedua terbesar pada anak di rentang usia 5-14 tahun.

Fakta ini pun telah dijelaskan oleh dr. Marurul Aisyi, Sp.A (K) dalam acara media edukasi "Kenali Gejala Dini Kanker Pada Anak" yang dilangsungkan di Departement Kementerian Kesehatan RI.

kanker anak
kidscancercare.ab.ca

Karena gejala pada kanker terbilang sulit diketahui, dr. Marurul mengingatkan bahwa penting bagi orang tua untuk lebih peka. Terutama dengan perubahan yang dialami maupun dirasakan oleh anak.

Terlebih lagi anak-anak masih kesulitan untuk mengidentifikasi apa yang sebenarnya dirasakan. Mereka pun belum mampu mengemukakan apa yang dirasa secara mendetail.

Untuk mendeteksi kanker sedini mungkin memang bisa dilakukan screening. Tapi tindakan ini tidak dapat dilakukan pada anak.

Satu-satunya upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mengenali gejalannya terlebih dahulu.

kanker pada anak
stbaldricks.org

Konsultan Hematologi Onkologi Anak Rs Kanker Dharmais ini juga menjelaskan tentang beberapa penyebab kanker pada anak, diantaranya:

  • Faktor lingkungan (1-5 persen)
  • Faktor genetik (5-15 persen)
  • Tidak diketahui atau multifaktor (75-90 persen)

Adapun jenis kanker yang kerap menyerang anak-anak menurut dr. Marurul juga meliputi:

  • Leukimia
  • Retinoblastoma
  • Neuroblastoma
  • Limofa
  • Osteosarkoma

Dalam hal ini, dr. Marurul berharap agar orang tua lebih paham dengan segala informasi terkait kanker pada anak. Tidak terkecuali dengan gejala kanker

A. Gejala kanker yang perlu diwaspadai

Seperti dijelaskan sebelumnya, penting bagi orang tua untuk mengenali gejala kanker pada anak sejak dini. Oleh karenanya, coba Bunda sadari apakah si kecil mengalami beberapa hal seperti berikut ini:

1. Mata

gejala pada mata anak penderita kanker
rominoptical.ca

Perhatikan bagaimana kondisi mata anak. Apakah ia memiliki bintik putih pada indera penglihatannya seperti mata kucing?

Selain itu, apakah penglihatan terganggu, bola mata tampak lebih besar, lebih menonjol atau bahkan terjadi pendarahan pada indera penglihatannya secara tiba-tiba?

Jika tanda-tanda ini muncul dan sulit diatasi, mungkin saatnya Bunda dan ayah untuk berkonsultasi pada spesialis. Tujuannya untuk mendeteksi ada atau tidaknya kanker pada anak.

2. Tanda umum

gejala kanker demam pada anak
roswellpark.org

Selain kedua tanda tersebut, ada gejala umum yang kerap terjadi. Bahkan hal ini biasanya membuat orang tua tak menyadari tentang adanya tanda kanker pada anak. Misalnya saja seperti:

  • Pucat
  • Demam yang tak diketahui penyebabnya
  • Pendarahan abnormal (misalnya anak tiba-tiba sering lebam)
  • Ditemukan tanda biru-biru pada area tubuh

Selain itu, tanda seperti mimisan, kencing berdarah hingga penurunan berat badan yang signifikan juga kerap terjadi. Jadi segera konsultasi jika tanda-tanda ini mulai dialami si kecil ya!

Baca juga: Jangan Panik, Inilah 8 Tips Mengatasi Anak Demam Saat Liburan

3. Pembengkakan

ilustrasi gejala kanker pada leher anak
aol.com

Gejala ini terkadang sulit terdeteksi. Apalagi jika pembengkakan terjadi pada organ dalam, seperti hati, limpa, kelenjar getah bening maupun tulang.

Tapi sebenarnya pembengkakan pada leher maupun buah zakar bisa terlihat secara kasat mata.

Kalau hal ini terjadi, sebaiknya segera periksakan si kecil pada tim medis. Bisa jadi ini merupakan gejala kanker pada anak.

4. Tanda neurologis

ilustrasi gejala kanker berupa neurologi pada anak
healthline.com

Gejala lain yang perlu diwaspadai yakni ketika anak merasa sakit kepala perkepanjangan disertai mual atau bahkan sampai muntah.

Dalam hal ini juga termasuk gangguan keseimbangan, penurunan kesadaran, kejang hingga perubahan perilaku.

Para orang tua pastinya wajib peka untuk mengenali gejala-gejala ini. Sering tanyakan pula pada anak apa yang ia rasakan ketika ada perubahan yang terjadi.

Baca juga: Kenapa Anak Sering Mimisan? Inilah Beberapa Penyebabnya!

B. Kanker pada anak bisa dicegah atau tidak?

cara mencegah kanker pada anak
vesttech.com

Upaya pencegahan kanker pada anak memang terbilang sulit. Tapi bukan tak mungkin untuk dilakukan.

Seperti menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM), dr. Cut Putri Arianie, MH.Kes, sebenarnya ada kunci untuk mencegah penyakit kanker, yakni dengan hidup sehat.

Kanker bisa dicegah jika pola hidup kita sehat. Misalnya saja dengan melakukan beberapa hal seperti:

  • Berhenti merokok
  • Olahraga minimal 30 menit setiap hari
  • Batasi asupan gula, garam dan lemak

keceriaan anak penderita kanker
goldhopeproject.com

Hal ini juga dikemukakan oleh dr. Cut Putri Arianie terkait pencegahan kanker pada anak. "Untuk anak, usahakan tidak terpapar oleh rokok. Kalau olahraga biasakan anak melakukan aktivitas fisik. Sementara asupan gula garam, ya tidak perlu berlebihan," tambahnya.

Sebagai orang tua, tentu merupakan kewajiban untuk memastikan dan menjaga anak tetap tumbuh sehat. Karenanya, penting untuk melakukan pencegahan dengan mengenalkan si kecil tentang pola hidup sehat.

Sebab anak masih punya masa depat untuk diperjuangkan. Sementara para orang dewasa memiliki masa lalu untuk diceritakan. Hal inilah yang dikatakan oleh dr. Marurul Aisyi, Sp.A (K).

Jadi, sudahkah Bunda dan Ayah melakukannya dengan baik untuk si kecil? Tetap waspada dan kenali gejala kanker pada anak seperti yang sudah Qupas ulas di atas ya!

0 Comment