Waspada, Penggunaan Lensa Kontak Bisa Picu Infeksi Berbahaya ini!

25 October 2018, pada 01:40
0
0
Waspada, Penggunaan Lensa Kontak Bisa Picu Infeksi Berbahaya ini!

Bagi sebagian orang yang jenuh dan lelah mengenakan kacamata, biasanya mereka akan mengganti dengan lensa kontak. Benar begitu?

Hal tersebut dikarenakan lensa kontak dianggap lebih praktis dan mudah dibawa ke mana-mana. Sebab seperti yang kita ketahui, mengenakan kacamata sangat membatasi beberapa kegiatan dan aktivitas sehari-hari.

Waspada, Penggunaan Lensa Kontak Bisa Picu Infeksi Berbahaya ini!
penampilanmu.com

Jangankan untuk aktivitas berat, menggunakan kacamata juga membuat tak nyaman ketika kita mengonsumsi minuman atau minuman hangat karena lensa pada kacamata akan mengembun.

Selain itu banyak juga yang menjadi tidak percaya diri jika menggunakan kacamata karena dianggap bisa menurunkan penampilan. Oleh karenanya tak heran kalau saat ini begitu banyak produsen lensa yang menciptakan berbagai macam jenis dan model lensa kontak untuk dipasarkan secara luas.

Sebenarnya menggunakan lensa kontak boleh saja, asal tetap mengikuti aturan yang tertera. Salah satu aturan yang perlu diperhatikan adalah kondisi lensa kontak harus selalu dalam kondisi basah dan bersih.

Sebab, jika lensa kontak dalam keadaan kotor akan menyebabkan munculnya bakteri. Ketika bakteri itu sudah mengumpul, maka akan ada dampak negatif yang akan kamu dapatkan.
Waspada, Penggunaan Lensa Kontak Bisa Picu Infeksi Berbahaya ini!
hellosehat.com

Seperti sebuah kasus yang terjadi di Inggris beberapa waktu lalu. Di mana banyak warga Inggris yang terkena infeksi langka pada mata akibat penggunaan lensa kontak yang tidak bersih. Infeksi tersebut dikenal sebagai Acanthamoeba Keratitis.

Dikutip dari laman Boldsky, Acanthamoeba Keratitis bisa menyebabkan lapisan mata serta kornea menjadi meradang. Akibatnya ketajaman mata akan berkurang hingga 50 persen.

Dan parahnya lagi, jika dibiarkan begitu saja tanpa penanganan, maka radang ini bisa menjadi hal yang cukup serius, yakni kebutaan.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Ophthalmology menyebutkan bahwa kasus serupa terjadi sekitar 60 kali pada tahun 2016 lalu. Memang cukup mengerikan, tapi kamu tidak perlu khawatir.

Waspada, Penggunaan Lensa Kontak Bisa Picu Infeksi Berbahaya ini!
baca.co.id

Karena jika kamu menggunakan lensa kontak sesuai dengan aturan dan tetap menjaga kebersihan, masalah ini tidak akan terjadi.

Para peneliti tersebut juga memberi nasihat kepada setiap orang agar tidak mengenakan lensa kontak pada tempat-tempat yang memicu terjadinya infeksi, seperti kolam renang.

Kemudian, sebelum melepas dan memasang lensa kontak, pastikan bahwa tangan dalam keadaan bersih total. Sebab jika ada sedikit saja kotoran, itu bisa berpotensi melahirkan bakteri.

0 Komentar