Waspadai 5 Penyakit yang Siap Menyerangmu di Musim Hujan

04 December 2018, at 07:00
2
0
Waspadai 5 Penyakit yang Siap Menyerangmu di Musim Hujan

Beberapa hari terakhir hampir semua daerah di Indonesia diguyur hujan. Selain payung, kamu juga perlu mempersiapkan kekebalan tubuh untuk menyambut musim ini agar tidak terkena penyakit.

Jika kamu tinggal di pemukiman yang sering banjir, kamu harus ekstra berhati-hati untuk mencegah penyakit dari berbagai macam virus dan mikroba yang perkembangbiakannya lebih cepat di musim ini.

Lalu, apa saja ya penyakit khas musim hujan tersebut?

1. Flu

Flu
today.com/health/cold-flu

Flu atau influenza merupakan infeksi virus pada saluran pernapasan yang biasanya berlangsung selama 7 sampai 10 hari. Karena disebabkan oleh virus, jenis penyakit ini dapat menyebar melalui bersin, batuk, atau menyentuh barang yang sudah terkontaminasi.

flu musim hujan
pixabay.com/id/users/stevepb-282134/

Flu biasanya dianggap sebagai penyakit ringan dan dapat disembuhkan dengan mudah. Tetapi bagi anak-anak dan orang tua yang kondisi ketahanan tubuhnya lemah, hal ini bisa berdampak lebih parah dan bisa juga menyebabkan kematian.

2. Batuk

batuk
lybrate.com

Sebenarnya batuk bukan lah penyakit, melainkan suatu bentuk pertahanan tubuh dan merupakan gejala dari suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan yang merupakan gejala flu.

batuk gejala infeksi
menlotherapeutics.com/pipeline/cough/

Meskipun begitu, batuk sangat menggangu kehidupan sehari-hari.

3. Diare

diare
golansia.com

Pada umumnya, diare disebabkan oleh bakteri rotavirus, shigella, E. coli, Cryptosporidium, dan lain sebagainya. Penyakit ini ditandai dengan rasa sakit di perut, frequensi buang air besar yang meningkat, dan fases yang menjadi encer atau berair.

penyakit diare
momma.id

Daerah yang terkena banjir biasanya rentan terhadap penyakit ini karena kondisi air dan tempat yang kotor. Diare tidak boleh disepelakan karena dapat membahayakan nyawa.

Baca juga: Kenapa Sering Sakit Perut Sebelah Kiri?

4. Demam Berdarah Dengue

demam berdarah
alodokter.com

Demam Berdarah Dengue atau lebih dikenal dengan sebutan DBD memang sudah terkenal sebagai penyakit bawaan musim hujan. Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti ini memiliki cir-ciri yaitu adanya bintik-bintik merah pada kulit.

DBD
hellosehat.com

Apabila tidak segera ditangani, pasien DBD bisa meregang nyawa.

5. Leptospirosis

leptospirosis
pixabay.com

Leptospirosis memiliki gejala seperti demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah, mata merah, menggigil, otot betis sakit, dan sakit perut. Di Indonesia, penyakit ini populer dengan sebutan “kencing tikus”.

penyakit tikus
pinterpolitik.com/banjir-rendam-indramayu

Kamu bisa saja tertular penyakit ini apabila menyentuh tanah atau air, tanah basah, atau tanaman yang terkontaminasi oleh urine binatang yang terinfeksi. Leptospirosis serius menyebabkan gangguan hati, gagal ginjal, meningitis, hingga kegagalan pernapasan.

Nah, itu dia penyakit musim hujan yang harus kamu tahu. Seram juga ya?

Wah, mulai sekarang harus berhati-hati, nih, di musim hujan!

0 Comment