Waspadai Setiap Bau Tak Sedap pada Tubuh, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius

24 January 2019, at 09:00
0
0
Waspadai Setiap Bau Tak Sedap pada Tubuh, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius

Aroma tidak sedap yang muncul karena keringat bercampur bakteri merupakan sesuatu yang biasa terjadi pada setiap tubuh manusia. Bau-bau tidak sedap ini bisa muncul setelah olahraga, beraktivitas seharian dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, terdapat keadaan-keadaan yang membuat beberapa bau tubuh berbahaya. Aroma badan bisa merupakan pertanda penyakit atau masalah kesehatan tertentu apabila tidak kunjung hilang dan sangat menyengat.

1. Napas Bau

aroma tubuh napas bau
riversidedental.co.uk

Napas berbau tak sedap ketika bangun tidur merupakan hal yang normal. Tetapi bagaimana jika hal tersebut tak kunjung hilang setelah menggosok gigi dan kumur menggunakan mouthwash?

Kamu perlu khawatir tentang hal ini. Sebab Ada banyak kemungkinan yang bisa menjadi penyebab masalah ini.

Segera perikasakan diri ke dokter gigi karena bisa jadi kamu mengalami masalah di gusi, kerusakan gigi, sunusitis, infeksi tenggorokan atau bahkan infeksi paru-paru.

2. Napas Manis

aroma tubuh napas manis
shutterstock.com

Selain bau tak sedap, ternyata napas juga bisa berbau manis. Namun, hal ini bukan merupakan sesuatu yang baik. Napas manis merupakan indikasi bahwa kamu potensial terkena diabetes.

Aroma tersebut menandakan bahwa kadar gula dalam tubuh sedang meningkat. Kondisi ini juga biasa terjadi ketika sedang puasa atau diet tinggi protein.

3. Bau Ketiak

aroma tubuh bau ketiak
vcbela.com

Setiap orang pasti memiliki bau badan yang khas. Bau badan ini biasanya muncul ketika keringat bercampur dengan bakteri, khusunya di bagian ketiak. Selain itu, hal ini juga bisa dipengaruhi oleh makanan yang kamu makan.

Baca juga: Gawat! Ternyata Bau Badan Menyengat bisa jadi Gejala Penyakit Parah

Apabila bau ketiak tidak kunjung hilang bahkan setelah mandi. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter karena bau tersebut bisa menandakan sebuah penyakit tergantung dengan aroma seperti apa yang dikeluarkan.

4. Kentut Berbau Busuk

aroma tubuh kentut berbau busuk
hellosehat.com

Semua orang pasti pernah mengalami hal ini. Kentut yang berbau busuk memang merupakan hal yang wajar apabila terjadi sesekali. Itu karena hal ini juga berhubungan dengan makanan apa yang kamu konsumsi.

Tetapi apabila terus-menerus seperti itu, kamu perlu merasa cemas. Mungkin tubuhmu mengalami intoleransi makanan tertentu, perkembangan bakteri usus yang berlebihan, peradangan sistem pembuangan atau gangguan hati.

5. Vagina Beraroma Tak Sedap

aroma tubuh vagina beraroma tak sedap
hellosehat.com

Vagina memang memiliki aroma yang khas bagi masing-masing perempuan. Bau itu juga bisa berubah saat menjelang menstruasi atau mengonsumsi makanan tertentu.

Namun, vagina dengan bau amis merupakan salah satu tanda bahwa terdapat masalah pada bagian tubuh tersebut. Bisa saja kamu mengalami infeksi, vaginosis atau bahkan penyakit menular seksual.

6. Bau Kaki

aroma tubuh bau kaki
halodoc.com

Kaki yang bau merupakan masalah umum yang sering terjadi pada sebagian besar orang. Gangguan ini memiliki keterkaitan erat dengan kebersihan.

Apabila bukan masalah kebersihan penyebabnya, berarti kamu sedang mengalami jamur kaki. Usahakan untuk tidak membiarkan kaki basah tertutup lama dalam kaos kaki atau pun sepatu.

7. Aroma Kulit Kepala Tak Sedap

aroma tubuh aroma kulit kepala tak sedap
hellosehat.com

Aroma kulit kepala mungkin merupakan hal yang jarang diperhatikan oleh banyak orang. Cobalah untuk peka terhadap bagian ini.

Jika kamu menemukan bahwa terdapat bau tidak sedap pada kulit kepalamu meskipun sudah keramas, kamu perlu waspada. Mungkin kamu sedang mengalami kepala berketombe atau infeksi jamur bahkan bakteri.

Baca juga: Waduh! Ternyata Ketombe bisa Sebabkan Penyakit Serius

8. Kencing Berbau Menyengat

aroma tubuh kencing berbau menyengat
hellosehat.com

Kencing yang sehat biasanya memiliki warna terang dan tidak terlalu berbau. Jika justru menimbulkan aroma menyengat, maka bisa jadi kamu mengalami infeksi saluran kencing.

Penyakit ini lebih sering terjadi pada wanita karena memiliki ureter yang lebih pendek daripada laki-laki.

Sebenarnya kamu tidak perlu merasa terlalu cemas jika bau badanmu menyengat sesekali waktu. Tapi hal in bisa jadi masalah ketika terjadi secara terus-menerus.

Sebaiknya selalu peka terhadap hal yang terjadi pada tubuh. Sehingga, jika ada perubahan sekecil apapun bisa diketahui dan diatasi secepatnya.

Ingin mendapatkan lebih banyak info kesehatan? Unduh aplikasi Qupas melalui Google Play Store atau Apple App Store.

0 Comment