Qupas Healthy

Waspadai Virus Corona Menyebar ke Indonesia, Kenali Ciri-cirinya!

23 January 2020, at 08:00
1
Waspadai Virus Corona Menyebar ke Indonesia, Kenali Ciri-cirinya!

Virus corona atau coronavirus menjadi salah satu masalah kesehatan global di awal tahun 2020 yang paling banyak diperbincangkan. Pasalnya, virus misterius ini sebelumnya belum pernah diidentifikasi pada manusia.

Laporan pertama datang dari Wuhan, China. Saat itu, sudah terdapat 59 korban dengan gejala yang menyerupai pneumonia. Pada perkembangannya, para ahli menemukan bahwa wabah tersebut disebabkan oleh jenis virus baru yang masih satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa virus jenis ini biasanya ditularkan dari hewan ke manusia. Akan tetapi, dalam kasus ini penularan terjadi dari manusia ke manusia.

Corona Virus (Foto: webmd.com)
webmd.com

Virus dengan nama teknis 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) ini diduga menyebar melalui udara seperti flu. Pada perkembangannya, penyakit ini nggak hanya menyerang China tapi juga sudah diidentifikasi di Hong Kong.

Baca juga: Mengenal Pneumonia, Radang Paru-paru yang Menyerang Pelatih Juventus Maurizio Sarri

Penyakit ini juga sudah mulai ditemukan di Thailand, Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan. Dari kasus-kasus tersebut, diketahui bahwa korban pernah melakukan perjalanan ke Wuhan sehingga kemungkinan besar penyebabnya adalah virus yang sama.

Ilustrasi Virus Corona (Foto: bigstockphoto.com)
bigstockphoto.com

Selain itu, Center of Disease Control dan Prevention (CDC) di Amerika Serikat juga mengonfirmasi adanya kasus serupa.

Melihat hal tersebut, pemerintah dari berbagai negara termasuk Indonesia melakukan berbagai hal untuk mencegah masuknya virus corona. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kewaspadaan di pelabuhan maupun bandara, terutama yang datang langsung dari China.

Penyebaran yang cukup mudah dan belum adanya vaksin maupun obat membuat virus corona menjadi salah satu kasus serius yang bisa menyebabkan nyawa melayang.

Ciri-ciri Infeksi Virus Corona (Foto: depositphotos.com)
depositphotos.com

Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui gejala atau ciri-ciri infeksi virus corona untuk mewaspadainya.

Dilansir dari The Sun, gejala infeksi virus corona meliputi pilek, sakit kepala, demam, sesak napas, terasa sakit di badan, dan kedinginan. Dalam kebanyakan kasus, ciri-ciri penyakit ini memang mirip dengan flu biasa.

Bedanya, virus corona bisa menyebar ke saluran pernapasan bagian bawah yaitu tenggorokan dan paru-paru. Kondisi tersebut dapat menyebabkan pneumonia, sakit jantung, dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Pencegahan Virus Corona (Foto: depositphotos.com)
depositphotos.com

Untuk mencegah masalah kesehatan ini, kamu bisa menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun. Selain itu, kamu bisa menggunakan masker dan hindari juga menyentuh mata, hidung, atau mulut orang-orang yang sedang sakit.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal tentang virus corona yang perlu kamu ketahui. Semoga nggak menyebar di Indonesia ya!