Wisata Alam Posong Temanggung, Saksi Bisu Perjuangan Pangeran Diponegoro Lawan Penjajah

05 September 2019, at 15:00
0
0
Wisata Alam Posong Temanggung, Saksi Bisu Perjuangan Pangeran Diponegoro Lawan Penjajah

Bentang alam Temanggung memang luar biasa. Pemandangan khas pegunungan menjadi daya tarik salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini. ditambah lagi dengan letak Temanggung diapit oleh gunung beken seperti Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, menjadikan wilayah ini menarik untuk dikunjungi.

Kedua gunung populer itu pun bisa dilihat secara jelas dari Wisata Alam Posong Temanggung yang belakangan ini mulai naik daun. Apalagi kalau cuaca cerah, pemandangan Gunung Merbabu sampai Ungaran bisa kamu lihat dari destinasi ini. Di balik keindahannya, wisata Posong di Temanggung ini ternyata juga berkaitan sama masa penjajahan.

Nah, buat kamu yang penasaran tentang destinasi ini, entah berdasarkan panorama alam maupun cerita sejarahnya, yuk simak ulasan singkat berikut!

1. Cocok buat pecinta ketinggian

pemandangan dari posong
instagram.com/fatatihmariyam

Buat para pecinta ketinggian, tempat wisata di Temanggung ini sepertinya cocok buatmu. Letaknya di lereng Gunung Sindoro, membuat Posong makin menarik.

Suhu udara khas pegunungan yang sejuk bisa kamu rasakan di sini. Pemandangna Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan hamparan tanaman tembakau milik para petani pun sangat memanjakan mata.

2. Tempat asyik buat saksikan sunrise

sunrise posong temanggung
instagram.com/rakaprambad4

Selain menyaksikan panorama alam dari ketinggian, di Wisata Alam Posong ini kamu juga bisa menikmati sunrise. Untuk melihat fenomena alam tersebut, kamu nggak harus menyewa penginapan di dekat wisata Temanggung ini atau mendirikan tenda kok.

Datang saja lebih pagi ke Posong supaya nggak ketinggalan melihat sunrise. Tapi karena wisata ini mulai buka dari jam 04.00 sampai 17.00 WIB, maka kamu perlu datang lebih awal. Soalnya jarak tempuh dari gerbang sampai ke spot sunrise memerlukan waktu tempuh kurang lebih selama 1 jam.

3. Saksi Bisu Aksi Heroik Pangeran Diponegoro

posong temanggung
instagram.com/andhy182

Wisata Alam Posong Temanggung bukan cuma indah. Ada pula cerita menarik di masa penjajahan Belanda, terutama terkait aksi heroik dari Pangeran Diponegoro.

Menurut cerita, area wisata di lereng Gunung Sindoro ini pernah jadi pos pertahanan prajurit sang pangeran saat melawan pasukan Belanda.

Singkat cerita, militer Belanda menemukan pos-pos pertahanan laskar Diponegoro. Akhirnya mereka membakar semua pos tersebut. Dan dari sinilah penduduk setempat menyebut area tersebut sebagai Pos Gosong atau 'Posong'.

Baca juga: Ini 5 Tempat Wisata di Temanggung untuk Saksikan Gunung Sindoro dan Sumbing

4. Tiket Masuk Posong Temanggung

camping posong
instagram.com/dhaturembulan

Saat awal masuk ke wisata Posong, kamu perlu membayar tiket sekitar Rp10 ribu per orang. Tarif ini beda sama parkir kendaraan. Buat yang mau foto-foto di beberapa spot pun perlu bayar lagi sekitar Rp10 ribuan.

Selain spot foto, beberapa fasilitas yang tersedia di sini ada gazebo, toilet, sampai beberapa warung makanan.

5. Cara ke Wisata Alam Posong Temanggung

wisata alam posong
instagram.com/dinaoktafni

Lokasi Wisata Alam Posong berada di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung. Dari pusat Kota Temanggung, jaraknya sekitar 26 kilometer dengan estimasi waktu tempuh selama 1 jam berkendara.

Untuk menuju ke wisata ini dari Jalan Raya Temanggung-Wonosobo, kamu bisa mengarahkan kendaraan ke Desa Tlahap. Selanjutnya kamu bakal menemukan Gapura bertuliskan 'Posong'. Dari sini , kamu bakal melewati jalan trasah (batu yang ditata). Sekitar 100 meter kemudian, kamu bakal menemukan loket masuk wisata.

Itulah ulasan singkat tentang Wisata Alam Posong di Temanggung yang ternyata bukan cuma indah, tapi juga menyimpan cerita sejarah. Buat kamu yang pengen melihat pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing, coba deh mampir ke wisata ini!

0 Comment