Wisata di Kaki Gunung Ijen Ini Punya Padang Ilalang yang Fotogenik, Mampir Yuk!

02 March 2019, at 11:00
0
0
Wisata di Kaki Gunung Ijen Ini Punya Padang Ilalang yang Fotogenik, Mampir Yuk!

Mendengar nama Bondowoso, mungkin sebagian orang hanya akan fokus pada wisata Kawah Ijen yang pesonanya memang nggak diragukan lagi.

Tapi sebenarnya masih ada banyak tempat wisata di Bondowoso yang nggak kalah cantiknya dari kawah yang terkenal dengan blue fire-nya ini. Salah satunya adalah Bukit Apetleppet.

Dalam Bahasa Madura, apetleppet berarti berlapis-lapis. Penampilannya pun nyaris seperti Bukit Teletubbies di Bromo.

Baca juga: Selain Bromo, Wisata Probolinggo Ini Alternatif Saat Liburan Nyepi

Tapi wisata di Bondowoso ini tentu berbeda dengan Bromo. Ada daya tarik tersendiri yang melekat pada Bukit Apetleppet, seperti ulasan Qupas di bawah ini.

1. Wisata Bondowoso yang Masih Tersembunyi

wisata bukit apetleppet bondowoso
instagram.com/nand_setiawan

Bukit Apetleppet berada di kaki Gunung Ijen. Berbeda dengan wisata Ijen yang ramai pengunjung, destinasi di bondowoso ini justru sebaliknya. Meski nggak terlalu sepi, tapi kamu akan lebih leluasa melihat panorama alam di sini.

Mungkin kamu hanya akan berpapasan dengan beberapa pengunjung saja. Jadi bisa bebas untuk mengambil gambar dari beberapa sudut.

bukit apetleppet
instagram.com/sendja.timur

Selain pengunjung biasa, ternyata wisata Bondowoso ini banyak dikunjungi oleh komunitas motor trail. Jalur offroad di destinasi ini memang pas untuk uji adrenalin dengan kendaraan roda dua tersebut.

Untuk kamu penggemar trail dan ingin mencoba medan menantang? Coba deh untuk mampir ke kawasan perbukitan di Bondowoso ini.

2. Pesona Kawah Ilalang di Dekat Bukit Apetleppet

kaki gunung ijen
instagram.com/ayub_rahman

Tepat di depat Bukit Apetleppet ada area yang dikenal dengan nama Kawah Ilalang. Hal inilah yang menjadikan objek wisata di Bondowoso ini kian memikat.

Warna putih dari ilalang yang dipadukan dengan hijaunya bukit menjadi pemandangan yang sedap dipandang.

Terlebih lagi saat musim penghujan, dimana rerumputan semakin tumbuh lebat dan semakin menyegarkan mata. Sedangkan saat kemarau tiba, kawasan ini memang nggak begitu rindang.

bukit apetleppet bondowoso
instagram.com/ekoardiyanto_

Tapi jangan salah, karena panoramanya tetap memesona. Ingin menikmati pemandangan alam di sekitar dengan cara berbeda? Kamu juga bisa bawah hammock juga kok.

Hanya tinggal pasang hammock di batang pohon, kamu sudah bisa bersantai di sana. Bahkan bisa juga sambil hunting foto.

Baca juga: Fakta Gunung Ijen yang Belum Banyak Orang Tahu

3. Cara ke Bukit Apetleppet

wisata bukit apetleppet
instagram.com/allpiiii

Lokasi Bukit Apetleppet ini terletak di kawasan Afdeling Watu Capil, Dusun Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso, Jawa Timur.

Leataknya pun ada di sebelah timur Kawah Wurung. Dari Bondowoso, kamu bisa ambil arah menuju Wonosari.

Dari sana, kamu akan menemukan pertigaan yang menuju ke Kawah Ijen dan Situbondo. Ambil arah ke Ijen. Perjalannya pun memerlukan waktu sekira 2-3 jam.

kawah ilalang bondowoso
instagram.com/setapakkecil

Perjalanan untuk menuju ke titik lokasi memang butuh perjuangan. Medannya pun cukup sulit dan disarankan untuk nggak membawa motor matic.

Sesampainya di Desa Curah Macan, jangan malu untuk bertanya pada warga lokal. Sedangkan bagi yang membawa motor, kamu bisa menitipkannya pada pemondokan petani yang menggarap ladangnya di kawasan tersebut.

Usai menitipkan motor, kamu masih harus jalan kaki selama 30 menit menuju sisi tempat wisata yang memikat di Bondowoso tersebut.

4. Tiket Masuk Bukit Apetleppet

kawah ilalang bukit apetleppet
instagram.com/asty_kenzie

Bagaimana soal tiket masuk ke Bukit Apetleppet? Jawabannya pasti akan membuatmu bahagia.

Sebab kamu nggak akan dikenai biaya sepeserpun. Tapi biasanya pengunjung memberikan uang seikhlasnya pada petani kentang di tempat wiata tersebut.

Tentu saja hal ini merupakan penawaran menarik untuk para pemburu wisata murah di Jawa Timur. Apalagi pesona yang ditawarkan sudah lebih dari kata cukup untuk sekelas destinasi gratis.

wisata kawah ilalang bondowoso
instagram.com/the_sofyan

Gimana, tertarik untuk mampir ke Bukit Apetleppet? Dijamin kamu nggak akan menyesal begitu sampai di tempat wisata Bondowoso yang belakangan ini populer di media sosial.

Mumpung libur sudah ada di depan mata, nggak ada salahnya kalau kamu yang berada di daerah Bondowoso, seperti Jember, Situbondo maupun Banyuwangi untuk mampir ke wisata bukit ini.

0 Comment