Qupas Travel

Wisata Goa Sodong, Kolam Alami di Tengah Hutannya Banyuwangi

27 February 2020, at 04:00
Wisata Goa Sodong, Kolam Alami di Tengah Hutannya Banyuwangi

Soal pariwisata, Banyuwangi terus mengembangkannya. Bukan hanya deretan pantainya yang memukau, kini berbagai destinasi di Negeri Blambangan ini juga semakin dipoles.

Wisata Goa Sodong adalah salah satunya. Meski terbilang masih baru dibuka tahun 2018 lalu, tapi destinasi di Kecamatan Giri ini cukup diminati traveler, lho.

Memangnya apa saja sih keistimewaannya? Yuk simak ulasan singkat berikut ini biar nggak makin penasaran!

1. Wisata Banyuwangi yang masih asri

Wisata Goa Sodong Giri (Foto: instagram.com/alannobita)
instagram.com/alannobita

Bukan cuma punya deretan pantai yang indah, kawasan hutan di Banyuwangi juga menyuguhkan pesona yang memikat dan masih asri. Hal ini yang akan kamu rasakan saat berada di Goa Sodong.

Terletak di pinggiran hutan, membuat suasana wisata ini masih tampak alami. Bahkan sumber air yang ada di sekitar sini juga masih terjaga kebersihannya.

2. Asal-usul nama Goa Sodong

Wisata Goa Sodong (Foto: instagram.com/romeoijen)
instagram.com/romeoijen

Setiap tempat punya cerita tersendiri tentang asal usulnya. Begitu halnya dengan tempat wisata di Banyuwangi ini.

Konon, kata Sodong diambil dari suku kata 'sidang'. Hal ini karena lokasi wisata dipercaya dulunya adalah tempat para wali dan ulama bersidang atau bermusyawarah.

Menurut kabar seperti yang dilansir dari catatansinobi.com, hal tersebut ditandai dengan ditemukannya makam Syekh Ali Muhammad Al-Maghrobi yang letaknya nggak jauh dari wisata.

3. Konon ada goa yang pernah disinggahi Presiden RI pertama

Wisata Goa Sodong Banyuwangi (Foto: instagram.com/rendyfajarrrr)
instagram.com/rendyfajarrrr

Wisata Goa Sodong bukan hanya menyajikan pemandangan alam yang asri dan pemandian dengan air menyegarkan. Di sini, kamu juga bisa melihat lokasi yang disebut-sebut pernah disinggahi oleh Presiden RI pertama, Bung Karno.

Karena adanya Goa Soekarno itulah pengelola semangat untuk terus mengembangkan destinasi tersebut.

Baca juga: Sensasi Berendam di Sendang Seruni, Kolam Alaminya Banyuwangi yang Bikin Jatuh Hati

4. Wisata alternatif setelah dari Pasar Kampoeng Osing Kemiren

Pasar Kampoeng Osing Kemiren (Foto: instagram.com/evyarialestari)
instagram.com/evyarialestari

Satu lagi yang menarik dari wisata Banyuwangi ini. Yaitu letaknya yang nggak jauh dari Pasar Kampoeng Osing Kemiren.

Pasar ini menyediakan aneka jajanan tradisional seperti cenil, horog-horog, lupis, hingga klepon yang dijual setiap Minggu pagi pukul 06.00 sampai 10.00 WIB.Uniknya, ibu-ibu penjual menggunakan pakaian Suku Osing, yakni atasan kebaya hitam dan bawahan jarit batik.

Setelah puas jajan di Kampoeng Osing, kamu bisa langsung menuju Wisata Goa Sodong yang buka hanya Sabtu dan Minggu dari pukul 07.00 sampai 16.00 WIB.

5. Cara ke Wisata Goa Sodong

Jembatan Bambu Goa Sodong (Foto: instagram.com/lisa_ifa22)
instagram.com/lisa_ifa22

Secara administratif, lokasi Wisata Goa Sodong berada di Dusun Pelinggihan, Desa Grogol, Kecamatan Giri. Dari pusat kota, jaraknya nggak jauh kok.

Kalau kamu berangkat dari Desa Kemiren, arahkan ke pertigaan Pesantogan Kemangi. Kemudian beloklah ke arau utara dengan melewati kolam renang Taman Wisata Osing.

Sampai di perempatan besar, ambil arah utara lagi dengan melewati Desa Jambesari. Dari sini, ikuti saja jalan sampai kamu menemukan gapura masuk ke Goa Sosdong.

6. Tiket masuk Wisata Goa Sodong

Pemandian Anak Goa Sodong (Foto: instagram.com/rifky_pratama001)
instagram.com/rifky_pratama001

Nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk liburan ke destinasi ini. Soalnya tiket masuk Wisata Goa Sodong cuma sekitar Rp4 ribu saja.

Dengan tarif tersebut, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas, seperti kolam anak-anak dan dewasa hingga warung makanan serta minuman. Murah ya?

Jadi makin tertarik liburan ke Wisata Goa Sodong kan? Apalagi selain main air, di wisata Banyuwangi ini kamu juga bisa melihat area yang katanya dulu merupakan petilasan Ir. Soekarno.