Wong Fu Kie, Chinese Food di Gang Kecil Ibukota Jakarta Langganan Para Artis

28 March 2019, at 12:00
0
0
Wong Fu Kie, Chinese Food di Gang Kecil Ibukota Jakarta Langganan Para Artis

Restoran Chinese Food memang sudah menjamur di beberapa kota yang ada di Indonesia. Bahkan di Jakarta sendiri, sudah ada ribuan kedai makan masakan khas Negeri Tirai Bambu yang bisa kamu kunjungi.

Salah satunya yang legendaris adalah Wong Fu Kie. Tempat makan ini punya sajian Hakka dengan potongan es ketan hitam di lorong gang kawasan Glodok.

Setiap harinya sudah ada ribuan orang yang datang untuk mencicipi aneka menu khas China yang menggoyang lidah. Tak terkecuali artis ibukota juga lho, simak yuk!

1. Sudah Buka Sejak Tahun 1920an

restoran china wong fu kie
instagram.com/wongfukie

Rumah makan enak di Jakarta yang punya menu masakan khas Hakka ini sudah berdiri sejak tahun 1925 yang lalu.  Didirikan oleh kakek dari Pak Tjokro yang merupakan generasi ketiga.

Pak Tjokro ini adalah pewaris Wong Fu Kie yang menjaga cita rasa menu masakan bertahan sampai sekarang. Lokasinya pun dulunya sempat berpindah dari Trem hingga ke gang sempit hingga detik ini.

makan di restoran china jakarta
instagram.com/manualjakarta

Nama dari restoran China ini berasal dari kata, Wong yang berarti kuning layaknya sungai Kuning mengalir panjang di China sana. Dengan harapan tempat makan ini pun tak kalah panjang untuk bertahan di tengah bisnis kuliner yang semakin menjamur.

Fu itu memiliki makna sebagaimana nantinya warung makan ini akan bertahan lama dan terus dikenang sampai kapanpun.

2. Aneka Menu Andalan khas China

menu andalan di wong fu kie
instagram.com/eat.time.story

Menu yang ditawarkan tentu ciri khas daerah Hakka yang merupakan daerah asal yang pemilik. Di restoran China ini, kamu bisa mencici[i aneka menu andalan tanpa adanya modifikasi.

Salah satunya, Mun Kiaw Mien. Sajian bakmi dan pangsit basah dengan isian daging yang bisa dipilih sesuai selera. Mulai dari daging ayam, babi, hingga seafood.

Baca juga : 8 Restoran China Di Surabaya yang Punya Menu Cap Cay Enak, ada Juga yang Halal

menu makan di kuliner legendaris china
instagram.com/angkytan

Masih ada menu lainnya, seperti:

  • Pok Cai Polos
  • Nyuk Piang
  • Tu Ciam Toge

Ada juga Babi Ku Lu Nyuk yang dimasak dengan saus asam manis dan taburan bawang merah goreng yang menambah sensasi makan krenyes krenyes.

3. Lokasi Wong Fu Kie Sebuah Gang Kecil

lokasi wong fu kie
instagram.com/cicitraveller

Lokasi Wong Fu Kie Hakka ini berada di Jalan Perniagaan Timur 2 No.22, Jakarta Barat. Buka sejak pukul 8 pagi hingga jam 5 sore.

Karena tempatnya yang tersembunyi, untuk menemukannya cukup membutuhkan sedikit perjuanga. Pasalnya berada di dalam gang kecil yang tidak diberi papan nama di depan gangnya.

wong fu kie
instagram.com/tibatibalaper

Untungnya, pak Tjokro memasangkan tanda menuju restoran di beberapa titik di kawasan Glodok untuk menuntun para pengunjung datang ke restoran China miliknya.

Sesampainya di sana, kamu pun akan diajak kembali bernostalgia ke puluhan tahun yang lalu. Dimana bangunan tua dengan furnitur dapur yang masuk klasik. Selain itu, juga banyaknya ornamen Tiongkok yang dipasangkan di dinding menambah kesan lawas restoran China.

Kuliner Legendaris di Ibukota dengan rasa yang tak perlu diragukan lagi. Walau lokasinya yang harus menyusuri gang kecil, tapi semua itu akan terbayarkan dengan kenikmatan tiada tara dari seporsi menu Chinese Food.

0 Comment