Yuk Ketahui tentang 5 Gejala Kanker Melanoma, Kanker Ganas yang Merenggut Nyawa Mantu Hatta Rajasa

03 July 2018, at 08:19
1
0
Yuk Ketahui tentang 5 Gejala Kanker Melanoma, Kanker Ganas yang Merenggut Nyawa Mantu Hatta Rajasa

Beberapa minggu yang lalu, Indonesia sedang berduka karena kabar duka dari salah satu menantu Hatta Rajasa yang merupakan mantan menteri koordinator bidang perekonomian di era presiden SBY. Adara Taista harus menyerah pada penyakit kanker kulit yang menggerogotinya selama ini. Ia mengidap kanker melanoma yang sampai hari ini belum ditemukan obat penyembuhnya.

Melanoma adalah jenis kanker yang tumbuh pada malonsit, sel lapisan kulit yang memiliki fungsi sebagai penghasil melanin. Karena kanker ini jarang ditemukan, maka banyak yang penasaran dengan gejala awal dari kanker melanoma.

Qupas akan membeberkan gejala awal kanker melanoma tumbuh kemudian menyerang kulit pada manusia. Setelah tahu, wajib waspada ya!

 

1. Kulit Kering dan Bersisik

 

hellosehat.com

Sering kali kulit bersisik disebabkan oleh suhu cuaca yang panas atau sedang ada di ruangan ber AC. Kulit bersisik seperti ini tidak bisa kamu abaikan serta merta, karena ini justru menjadi gejala awal kanker melanoma. Gejala itu akan terjadi di kulit kita karena banyak sel kulit yang rusak dan tidak bisa melakukan regenerasi yang sempurna.

 

2. Bercak merah pada kulit, terutama kulit di pipi

 

merumerume.wordpress.com

 

Jika kamu memiliki bercak dengan corak lingkar hitam atau cokelat di permukaan kulit terutama di wajah, kamu perlu mewaspadainya. Terlebih jika bercak itu semakin melebar dari waktu pertama kali kamu menemukan bercak tersebut. Segeralah periksa ke dokter ya!

 

3. Adanya perubahan kulit yang tidak merata dan sangat terlihat perbedaannya

 

style.tribunnews.com

Gejala ketiga yang harus kamu waspadai selanjutnya adalah adanya perubahan kulit yang tidak merata. Perubahan warna kulit ini merupakan reaksi sel kanker yang terus menyerang lapisan dalam kulit. Perubahan warna kulit ini disertai dengan rasa gatal.

 

4. Munculnya tahi lalat yang terus tumbuh membesar

 

sehatalamiku.com

Kamu perlu mewaspadai adanya tahi lalat pada bagian tubuh yang terus membesar dengan ukuran yang tak lazim. Hal ini bisa mengindikasikan gejala dari kanker melanoma.

 

5. Rasa gatal yang terus menerus

 

hellosehat.com

 

Rasa gatal yang dirasakan akan terus menerus menyerang kulit. Ditambah lagi, rasa gatal yang juga disertai oleh nyeri pada permukaan kulit. Jika kamu menggaruknya secara terus menerus, maka kulitmu akan terluka dan mengeluarkan darah tanpa henti. Itu lah gejala kanker melanoma.

 

0 Comment