Yuk, Mengunjungi Wisata Edukasi di Sidoarjo yang Punya 4 Candi Warisan Jaman Dulu

11 June 2018, at 08:35
1
0
Yuk, Mengunjungi Wisata Edukasi di Sidoarjo yang Punya 4 Candi Warisan Jaman Dulu

Belajar sejarah akan terasa sangat membosankan jika hanya membaca buku-buku sejarah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar sejarah seru untuk dipelajari. Salah satunya adalah dengan berkunjung ke tempat bersejarah yang ada di Sidoarjo. Sidoarjo memiliki 5 candi yang merupakan peninggalan masa kerajaan Majapahit. Mau tahu apa saja? Kamu wajib menyimak artikel ini!

 

1. Candi Pari

 

rynari.wordpress.com

Candi Pari juga didirikan pada masa kerajaan Majapahit. Candi ini didirikan untuk mengenang hilangnya seorang sahabat atau adik dari salah satu putra Prabu Brawijaya. Saat ini, Candi Pari memiliki keadaan yang sedikit memprihatinkan dengan keadaan dinding sebelah timur dan beberapa fondasi bangunan yang rusak.

 

2. Candi Pamotan

 

pecintawisata.wordpress.com

Kata pamotan biasanya digunakan sebagai gelar jabatan untuk seseorang di keluarga Majapahit. Maka dari itu, candi ini merupakan simbol untuk seorang raja muda di daerah tersebut. Berbeda dengan candi-candi sebelumnya, candi ini hanya dibuat dari bata merah lalu disusun dan disekelilingnya dilubangi persegi panjang yang akan tergenang air bila hujan turun.

 

3. Candi Tawang Alun

 

sekarlangit.blogspot.co.id

Pada masa kerajaan Majapahit, ada seorang penguasa bernama Rasi Tawangalun. Rasi Tawangalun tidak disukai sosoknya oleh Raja Majapahit karena terkenal kasar dan mempunyai kebiasaan makan daging mentah. Maka dibuatlah candi Tawangalun yang konon dulunya adalah sebuah sumur untuk mensucikan diri. Sayangnya, candi ini sekarang sudah tinggal gundukan bata merah dan menghilangkan banyak cerita sejarah didalamnya.

 

4. Candi Dermo

 

idsejarah.net

Candi ini merupakan candi yang dibangun pada saat kerajaan Majapahit masih berjaya. Candi Dermo memiliki 4 buah arca seperti Arca Manusia Bersayap dan Arca Kolo. Sayangnya, candi ini belum pernah direnovasi ulang dan fasilitas yang ada disekitar candi ini masih belum lengkap, seperti tidak tersedianya kamar mandi. Untuk berkunjung ke candi ini, kamu bisa berkendara ke desa Candi Negoro, Wonoayu.

 

5. Candi Medalem

 

kknumsidamedalem2015.blogspot.co.id

Banyak yang bercerita dulu, ada seorang bapak tua bernama Tamaji mendapat bisikan ghaib yang membuatnya menemukan candi ini. Nama candi ini pun, diberikan berdasarkan desa tempat candi ini berada. Candi ini memiliki bentuk yang menyerupai pendopo tempat berkumpul masyarakat pada masa kerajaan Majapahit.

Sederet candi yang memiliki kisah bersejarah yang wajib dilestarikan ini memang kini dalam kondisi beberapa mendapatkan perhatian dan beberapa lagi hanya diperhatikan oleh warga disekitarnya. Jika kamu tinggal di Sidoarjo, semoga kamu juga ikut merawat dan tidak membiarkan candi tersebut hingga lenyap dimakan usia. Sebab ini bisa jadi warisan untuk anak cucu-cucu kita semua. 

Topics:

0 Comment