Yuk Tambah Pahala di Bulan Ramadan Dengan 5 Aktivitas Ini!

04 June 2018, at 02:36
2
0
Yuk Tambah Pahala di Bulan Ramadan Dengan 5 Aktivitas Ini!

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Bulan ini menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim, karena setiap ibadah dan kebaikan yang kita lakukan dijanjikan akan mendapatkan pahala berlipat ganda. Bahkan, mereka yang tidur di siang hari saat bulan Ramadan juga mendapatkan pahala.

 

Tentunya sangat sayang jika kita melewatkan bulan Ramadan yang penuh berkah ini hanya dengan berpuasa tanpa melakukan berbagai hal bermanfaat yang mendatangkan banyak pahala. Nah, agar bulan Ramadanmu tidak jadi sia-sia dan hanya berakhir dengan tidur saja, berikut ini adalah 5 aktivitas bermanfaat yang bisa mendatangkan pahala untukmu saat berpuasa.

 

1. Mengendalikan hawa nafsu

 

Sehatmental.id

Di bulan Ramadan, umat Muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Puasa di sini bukan hanya menahan rasa lapar dan haus loh, tapi juga menahan hawa nafsu yang dapat menimbulkan hal negatif. Beberapa di antaranya yaitu, marah, mengumpat atau berkata kasar, bergosip, dan masih banyak lagi. Sangat disayangkan jika puasamu menjadi sia-sia hanya karena tak dapat menahan hawa nafsu. Maka dari itu, banyak bersabar dan pandai-pandailah menjaga lisan.

 

2. Membaca kitab suci Al-Quran, bukan novel cinta-cintaan

 

islamidia.com

Salah satu ibadah selain puasa dan sholat yang akan mendapat pahala berlipat ganda di bulan Ramadan adalah membaca kitab suci Al-Quran. Tak perlu lama-lama, cukup sisihkan waktu beberapa menit saja untuk membaca Al-Quran setelah kamu melaksanakan sholat. Meski hanya sebentar, membaca Al-Quran dijamin akan membuat hati terasa tenang. Jika melakukannya secara rutin selama bulan Ramadan, bisa saja jika tiba-tiba kamu khatam Al-Quran sebelum lebaran tiba.

 

3. Membagikan sebagian harta yang kamu punya kepada orang yang membutuhkan

 

tribunnews.com

Sebenarnya ada makna di balik ibadah puasa yang wajib kita jalankan setiap hari di bulan Ramadan, yaitu turut merasakan penderitaan saudara-saudara kita yang hidupnya serba kekurangan. Selain merasakan penderitaan mereka, alangkah baiknya jika kita juga menyisihkan sebagian harta yang kita punya untuk meringankan beban saudara-saudara kita. Tak harus banyak, cukup semampunya saja. Asalkan ikhlas, sedekah yang kamu lakukan bisa mensucikan harta dan memberi keberkahan pada hidupmu.

 

4. Belajar dan bekerja juga ibadah loh!

 

vebma.com

Mungkin bagi kamu yang sedang kuliah atau bekerja, belajar dan mengerjakan tugas adalah aktivitas yang biasa kamu lakukan sehari-hari. Tapi jangan salah, jika kamu melakukannya dengan ikhlas dan senang hati, dua kegiatan bermanfaat ini juga dihitung sebagai ibadah loh! Makanya, jangan sampai puasa jadi alasanmu untuk membatasi aktivitas sehari-hari di bulan Ramadan.

 

5. Membantu orang-orang di sekitarmu, jangan nonton TV melulu

 

hipwee.com

Hal lainnya yang bisa mendatangkan pahala besar di bulan Ramadan adalah dengan membantu orang-orang di sekitar kita. Jika kamu berada di rumah bersama orang tuamu, jangan segan-segan untuk membantu mereka membersihkan rumah atau sekedar ikut menyiapkan makanan berbuka. Atau jika waktu luangmu cukup banyak, kamu bisa membantu takmir masjid untuk membersihkan tempat ibadah dan menyiapkan santapan berbuka bagi jamaah yang beribadah di sana. Selain pahala, kebaikanmu ini tentunya akan membuat orang lain merasa senang.

 

Inilah 5 aktivitas sederhana yang bisa kamu lakukan agar bulan Ramadanmu semakin indah. Gunakan waktu sebaik-baiknya karena bulan yang suci ini hanya datang sekali dalam setahun. Selamat menunaikan ibadah puasa, kawan!
 

Sumber : hipwee.com

0 Comment